Skip to main content

Roket SpaceX Meluncur dari Landasan Misi ke Bulan Neil Armstrong

Roket swasta pertama yang dikembangkan olehSpaceX berhasil meluncur dari landasan tempat Neil Armstrong memulai perjalanannya ke bulan.
Falcon 9, nama roket itu, meluncur dari Kennedy Space Center, pada Minggu (19/2/2016) sekitar pukul 21.30 WIB, membawa kargo Dragon menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).
Roket tersebut sebenarnya dijadwalkan meluncur pada Sabtu (18/2/2017) tetapi batal 13 menit sebelum waktu yang ditentukan karena kendala teknis.
Diberitakan Space.com, Minggu, fase pertama dan kedua roket berhasil memisah 2,5 menit setelah peluncuran. Delapan menit setelah peluncuran, fase pertama mendarat lagi di bumi.
Sementara, kapsul Dragon siap menempuh 2 hari perjalanan menuju ISS 11 menit setelah peluncuran, ditandai dengan panel surya yang membuka.
Dragon dijadwalkan sampai di ISS pada Selasa (21/2/2017). Saat tiba, kargo itu akan disambut astronot Perancis Thomas Pesquet dengan lengan robotik Canadarm2.
Falcon 9 meluncurkan Dragon yang membawa beban 2.500 kilogram. Kargo itu akan kembali ke bumi membawa beban 2.300 kilogram 29 hari setelah tiba.
Selain kebutuhan sehari-hari bagi astronot, Dragon juga membawa perlengkapan eksperimen ilmiah. Salah satu  yang dibawah adalah bakteri super yang sudah sulit diatasi dengan antibiotik.
Berangkat dari Landasan Bersejarah
Falcon 9 meluncurkan Dragon dari landasan 39A, landasan tempat Neil Armstrong dan rekannya meluncur ke bulan lewat misi Apollo 11 pada 1969.
Landasan itu terakhir dipakai pada tahun 2011, saat Amerika Serikat memutuskan menghentikan misi ke ISS dengan pesawat luar angkasanya sendiri dan memilih menggunakan kargo Rusia.
"Menyenangkan melihat landasan 39A hidup lagi. Ini hal besar bagi kami," kata Jessica Jensen, manager program SpaceX Dragon, seperti dikutip Reuters, Minggu.
Setelah 2011, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memutuskan melelang landasan 39A untuk digunakan misi penerbangan swasta. Selain SpaceX, Boeing juga bakal menggunakan landasan itu.
Peluncuran Falcon 9 meneguhkan SpaceX, perusahaan yang dimiliki Elon Musk, sebagai pemimpin dalam penerbangan luar angkasa.
Sementara itu, secara umum peluncuran Falcon 9 juga menjadi tanda terbukanya landasan di Kennedy Space Center bagi pihak swasta yang berminat berinvestasi dalam bidang keantariksaan.
Selain SpaceX, perusahaan lain seperti Blue Origin milik Jeff Bezos serta Lockeed Martin juga menyewa Kenedy Space Center untuk merancang misi antariksanya.
Penerbangan kargo ke ISS sendiri adalah awal dari misi besar penerbangan swasta ke antariksa. Tahun 2019, SpaceX punya target mengirimkan astronot ke antariksa.
Target selanjutnya adalah mengirimkan misi ke bulan dan mars. Ke depan, orang awam pun bisa membeli tiket berwisata ke antariksa.

Comments

Popular posts from this blog

Kata Mutiara Menggunakan Bahasa Arab Terbaru

Kata Mutiara Menggunakan Bahasa Arab Terbaru - Maukah kau datang ke periode kenabian, dan kehendak Allah saat itu datang. Kemudian, hapus Allah, jika dia ingin menghilangkan. Setelah itu, pada periode berikutnya Khilafah 'ala al-Nubuwwah Minhaaj; dan kehendak Allah saat itu datang. Kemudian, menghapusnya jika Tuhan ingin menghapus. Setelah itu, ia akan datang kepada Anda, raja masa depan menggigit (Raja dzalim), dan Allah akan waktu yang datang. Kemudian, hapus Allah, jika dia ingin menghilangkan. Setelah itu, maka akan di diktator raja masa depan (koersif); dan kehendak Allah saat itu datang; maka Allah akan menghapusnya jika Anda ingin menghapus. Kemudian datang masa kekhalifahan 'ala al-Nubuwwah Minhaaj (Khilafah yang berjalan di atas nabi). Setelah itu, itu diam. "[HR. Imam Ahmad] Kata Mutiara Menggunakan Bahasa Arab TerbaruHadis di atas diriwayatkan oleh Ahmad, 4/273, dishahihkan oleh Syaikh ash-al-Albani dalam Ash-Shahihah tidak. 5)Prinsip pergantian kali ini juga …

Kata Mutiara Berasal dari Alquran

Kata Mutiara Berasal dari AlquranPeriode kenabian berlangsung dalam beberapa tahun, maka Allah mengangkat. Setelah itu muncul periode nubuwwah Khilafah aala Minhaj (Khilafah menurut manhaj kenabian), untuk jangka waktu sampai Allah ta'ala mengangkat. Kemudian datang masa Mulkan aadhdhan (penguasa menggigit) selama periode tertentu. Periode berikutnya akan datang jabbriyyan Mulkan (penguasa yang memaksakan kehendak) dalam jangka waktu tertentu yang ditentukan oleh Allah Ta'ala. Setelah periode itu akan terulang kembali kekhalifahan 'ala Minhaj nubuwwah. Kemudian Nabi Muhammad diam "(Ahmad, Sahih) Kata Mutiara Motivasi dari Al Quran Formulir pemerintah dan fase menurut Nabi yang Kata Mutiara Berasal dari Alquran Dalam urutan, bentuk dan mengubah sistem pemerintahan yang akan terjadi: Reign dipimpin oleh Nabi Muhammad, yang disebut periode kenabian. Periode ini berakhir dengan kematiannya. Periode kekhalifahan manhaj berdasarkan Nubuwwah. Periode ini dimulai dengan…

Stephen Hawking: Manusia Bisa Hidup Abadi

Stephen Hawking mengatakan bahwa otak mampu berdiri sendiri di luar tubuh dan mendukung manusia untuk memperoleh keabadian.
"Saya pikir otak seperti sebuah program dalam pikiran, seperti komputer, jadi secara teoretis sebenarnya mungkin untuk menyalin otak ke komputer dan mendukung bentuk kehidupan setelah mati," kata Hawking seperti dikutip The Guardian, Sabtu (21/9/2013). Namun, menurut Hawking, keabadian seperti yang diungkapkan Hawking masih di luar kapasitas manusia saat ini. Selama ini, berdasarkan kepercayaan yang diyakini, banyak manusia memahami bahwa setelah mati, manusia akan menjadi abadi di alam yang berbeda, bertemu dengan Tuhan serta berada di surga atau neraka sesuai perbuatannya selama hidup. Namun, Hawking menuturkan, "Saya pikir kehidupan setelah mati secara konvensional adalah dongeng untuk orang-orang yang takut pada kegelapan." Keabadian seperti yang diungkapkan Hawking kerap disebut dengan keabadian digital. Dalam hal ini, manusia abadi tetap…