Skip to main content

Mengenal Cassini, Wahana Antariksa yang Menguak Misteri Saturnus

Misteri seputar planet Saturnus tampaknya akan segera terjawab. Cassini, wahana antariksa yang punya misi khusus mengeksplorasi Saturnus, telah berhasil memasuki celah yang ada di antara cincin planet tersebut dan memotret atmosfernya.

Namun, di samping memotret atmosfer Saturnus, Cassini juga mempunyai misi khusus untuk mengeksplorasi planet Saturnus, sistem cincinya yang kompleks, dan satelit yang mengelilinginya.
Ketika diluncurkan pada 15 Oktober 1997, Cassini tidak sendirian, melainkan terdiri sebuah wahana antariksa yang terdiri dari dua bagian, Cassini dan Huygens, yang merupakan hasil kerjasama NASA, European Space Agency (ESA) dan Agensi Luar Angkasa Italia.
Akan tetapi, Huygens kemudian memisahkan diri pada Desember 2004 untuk mengamati salah satu satelit terbesar Saturnus, Titan, dan berhasil mendokumentasikan foto-foto dari permukaan Titan yang belum pernah dilihat oleh manusia.
Pengamatan ini pun berhasil memberikan gambaran kemungkinan mengenai rupa Bumi sebelum berevolusi. Pasalnya, Titan memiliki berbagai kesamaan dengan Bumi, termasuk adanya danau, sungai, hujan, dan kemungkinan gunung berapi. Data-data terbaru in akani segera menjadi isu penting dalam jurnal-jurnal ilmu pengetahuan.
Sepeti yang dikutip dari halaman situs milik European Space Agency (ESA), misi Cassini-Huygens disebut sebagai misi paling ambisius dalam eksplorasi ruang angkasa yang pernah ada. Pesawat ini juga tercatat sebagai yang terbesar dan terberat, serta paling rumit yang pernah dibuat.
Keberhasilan ditorehkan oleh Cassini ketika pada Juli 2004, pesawat ini berhasil mengorbit di planet Saturnus dan menjadi wahana antariksa pertama yang melakukannya.
"Kita melihat serangkaian penemuan yang luar biasa, cincin Saturnus yang begitu megah, satelitnya yang menakjubkan, magnetosfer (lapisan medan magnet yang menyelubungi), serta permukaan Titan," kata Linda Spilker, Peneliti Proyek Cassini, seperti yang dikutip dari nasa.gov.
Kini, setelah hampir 20 tahun mengeksplorasi luar angkasa, Cassini akan segera 'pensiun' September mendatang.
Pada orbit terakhirnya, Casssini akan masuk kedalam atmosfer Saturnus untuk mengirimkan kembali data-data baru dan unik untuk terakhir kalinya. Setelah putus kontak dengan Bumi, wahana antariksa ini akan terbakar seperti meteor, menjadi bagian Saturnus itu sendiri.

Comments

Popular posts from this blog

Kata Mutiara Menggunakan Bahasa Arab Terbaru

Kata Mutiara Menggunakan Bahasa Arab Terbaru - Maukah kau datang ke periode kenabian, dan kehendak Allah saat itu datang. Kemudian, hapus Allah, jika dia ingin menghilangkan. Setelah itu, pada periode berikutnya Khilafah 'ala al-Nubuwwah Minhaaj; dan kehendak Allah saat itu datang. Kemudian, menghapusnya jika Tuhan ingin menghapus. Setelah itu, ia akan datang kepada Anda, raja masa depan menggigit (Raja dzalim), dan Allah akan waktu yang datang. Kemudian, hapus Allah, jika dia ingin menghilangkan. Setelah itu, maka akan di diktator raja masa depan (koersif); dan kehendak Allah saat itu datang; maka Allah akan menghapusnya jika Anda ingin menghapus. Kemudian datang masa kekhalifahan 'ala al-Nubuwwah Minhaaj (Khilafah yang berjalan di atas nabi). Setelah itu, itu diam. "[HR. Imam Ahmad] Kata Mutiara Menggunakan Bahasa Arab TerbaruHadis di atas diriwayatkan oleh Ahmad, 4/273, dishahihkan oleh Syaikh ash-al-Albani dalam Ash-Shahihah tidak. 5)Prinsip pergantian kali ini juga …

Kata Mutiara Berasal dari Alquran

Kata Mutiara Berasal dari AlquranPeriode kenabian berlangsung dalam beberapa tahun, maka Allah mengangkat. Setelah itu muncul periode nubuwwah Khilafah aala Minhaj (Khilafah menurut manhaj kenabian), untuk jangka waktu sampai Allah ta'ala mengangkat. Kemudian datang masa Mulkan aadhdhan (penguasa menggigit) selama periode tertentu. Periode berikutnya akan datang jabbriyyan Mulkan (penguasa yang memaksakan kehendak) dalam jangka waktu tertentu yang ditentukan oleh Allah Ta'ala. Setelah periode itu akan terulang kembali kekhalifahan 'ala Minhaj nubuwwah. Kemudian Nabi Muhammad diam "(Ahmad, Sahih) Kata Mutiara Motivasi dari Al Quran Formulir pemerintah dan fase menurut Nabi yang Kata Mutiara Berasal dari Alquran Dalam urutan, bentuk dan mengubah sistem pemerintahan yang akan terjadi: Reign dipimpin oleh Nabi Muhammad, yang disebut periode kenabian. Periode ini berakhir dengan kematiannya. Periode kekhalifahan manhaj berdasarkan Nubuwwah. Periode ini dimulai dengan…

Stephen Hawking: Manusia Bisa Hidup Abadi

Stephen Hawking mengatakan bahwa otak mampu berdiri sendiri di luar tubuh dan mendukung manusia untuk memperoleh keabadian.
"Saya pikir otak seperti sebuah program dalam pikiran, seperti komputer, jadi secara teoretis sebenarnya mungkin untuk menyalin otak ke komputer dan mendukung bentuk kehidupan setelah mati," kata Hawking seperti dikutip The Guardian, Sabtu (21/9/2013). Namun, menurut Hawking, keabadian seperti yang diungkapkan Hawking masih di luar kapasitas manusia saat ini. Selama ini, berdasarkan kepercayaan yang diyakini, banyak manusia memahami bahwa setelah mati, manusia akan menjadi abadi di alam yang berbeda, bertemu dengan Tuhan serta berada di surga atau neraka sesuai perbuatannya selama hidup. Namun, Hawking menuturkan, "Saya pikir kehidupan setelah mati secara konvensional adalah dongeng untuk orang-orang yang takut pada kegelapan." Keabadian seperti yang diungkapkan Hawking kerap disebut dengan keabadian digital. Dalam hal ini, manusia abadi tetap…