Skip to main content

Cassini Memotret 'Badai Raksasa' di Saturnus dalam Aksi Bunuh Dirinya

Wahana antariksa Cassini milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat ( NASA) telah berhasil mengabadikan potret terdekat dari atmosfer Saturnus.
Berdasarkan foto tersebut, atmosfer Saturnus tampak seperti badai gelap yang disebut oleh NASA sebagai "badai raksasa".
Dikutip dari pernyataan resmi NASA, untuk mendapatkan foto tersebut,Cassini menyelam hingga sekitar 3.000 kilometer dari awan teratasSaturnus dan 300 kilometer dari tepi cincin paling dalam.
Terbang dengan kecepatan 124.000 kilometer per jam, partikel kecil dapat menjadi ancaman besar pada bagian sensitif Cassini yang tidak memiliki pelindung.
Oleh karena itu, wahana antariksa tersebut melebarkan antenanya sejauh empat meter untuk digunakan sebagai perisai.
"(Inilah) pengelihatan terdekat kami di atmosfer Saturnus dan Badai Raksasa," kicau akun resmi NASA di Twitter.
Semasa penyiaran langsung melalui Facebook, peneliti kemudian mengonfirmasi bahwa badai gelap tersebut merupakan pusat dari  pusaran yang membentang sejauh 2.000 kilometer dari pangkalnya.
"Tidak ada wahana antariksa yang pernah sedekat ini dengan Saturnussebelumnya," kata Earl Maize, Manajer Proyek Cassini dan peneliti di Laboratorium Tenaga Penggerak Jet milik NASA.
Dia melanjutkan, kami hanya dapat mengandalkan prediksi, berdasarkan pengalaman kami dengan cincin Saturnus lainnya, untuk membayangkan celah di antara cincin dan planet Saturnus.
"Saya sangat senang bisa melaporkan bahwa Cassini telah berhasil melalui celah tersebut seperti yang direncanakan dan keluar dari sisi yang lain dalam bentuk yang baik," tambahnya.
Berdasarkan pengamatan NASA, atmosfer Saturnus relatif dingin dan sebagian besar mengandung hidrogen. Lalu, tekanan udara di puncak awan Saturnus juga hampir sama dengan tekanan udara permukaan lautan di bumi.
Atmosfer Saturnus juga memiliki awan yang berlapis-lapis. Pada kutub utaranya, sebuah badai secara permanen berputar dalam bentuk heksagon. Sementara itu, badai temporer kadang terjadi di permukaan planet tersebut.
Saturnus juga menjadi planet yang memiliki angin tercepat di tata surya. Misi perjalanan NASA yang melewati Saturnus pada tahun 1980 dan 1981 mencatat kecepatan angin lebih dari 1.800 kilometer per jam.
Walaupun keberhasilan ini telah menjawab beberapa pertanyaan, tetapi masih banyak misteri Saturnus yang belum terpecahkan. Beberapa di antaranya adalah panjang satu hari di Saturnus, struktur internalnya, serta komposisi dan umur cincinnya.
Cassini akan menyelesaikan 21 kali penyelaman sebelum “aksi bunuh dirinya”. Pada tanggal 15 September mendatang, wahana antariksa ini akan terjun dan terbakar oleh atmosfer Saturnus.

Comments

Popular posts from this blog

Kata Mutiara Menggunakan Bahasa Arab Terbaru

Kata Mutiara Menggunakan Bahasa Arab Terbaru - Maukah kau datang ke periode kenabian, dan kehendak Allah saat itu datang. Kemudian, hapus Allah, jika dia ingin menghilangkan. Setelah itu, pada periode berikutnya Khilafah 'ala al-Nubuwwah Minhaaj; dan kehendak Allah saat itu datang. Kemudian, menghapusnya jika Tuhan ingin menghapus. Setelah itu, ia akan datang kepada Anda, raja masa depan menggigit (Raja dzalim), dan Allah akan waktu yang datang. Kemudian, hapus Allah, jika dia ingin menghilangkan. Setelah itu, maka akan di diktator raja masa depan (koersif); dan kehendak Allah saat itu datang; maka Allah akan menghapusnya jika Anda ingin menghapus. Kemudian datang masa kekhalifahan 'ala al-Nubuwwah Minhaaj (Khilafah yang berjalan di atas nabi). Setelah itu, itu diam. "[HR. Imam Ahmad] Kata Mutiara Menggunakan Bahasa Arab TerbaruHadis di atas diriwayatkan oleh Ahmad, 4/273, dishahihkan oleh Syaikh ash-al-Albani dalam Ash-Shahihah tidak. 5)Prinsip pergantian kali ini juga …

Kata Mutiara Berasal dari Alquran

Kata Mutiara Berasal dari AlquranPeriode kenabian berlangsung dalam beberapa tahun, maka Allah mengangkat. Setelah itu muncul periode nubuwwah Khilafah aala Minhaj (Khilafah menurut manhaj kenabian), untuk jangka waktu sampai Allah ta'ala mengangkat. Kemudian datang masa Mulkan aadhdhan (penguasa menggigit) selama periode tertentu. Periode berikutnya akan datang jabbriyyan Mulkan (penguasa yang memaksakan kehendak) dalam jangka waktu tertentu yang ditentukan oleh Allah Ta'ala. Setelah periode itu akan terulang kembali kekhalifahan 'ala Minhaj nubuwwah. Kemudian Nabi Muhammad diam "(Ahmad, Sahih) Kata Mutiara Motivasi dari Al Quran Formulir pemerintah dan fase menurut Nabi yang Kata Mutiara Berasal dari Alquran Dalam urutan, bentuk dan mengubah sistem pemerintahan yang akan terjadi: Reign dipimpin oleh Nabi Muhammad, yang disebut periode kenabian. Periode ini berakhir dengan kematiannya. Periode kekhalifahan manhaj berdasarkan Nubuwwah. Periode ini dimulai dengan…

Stephen Hawking: Manusia Bisa Hidup Abadi

Stephen Hawking mengatakan bahwa otak mampu berdiri sendiri di luar tubuh dan mendukung manusia untuk memperoleh keabadian.
"Saya pikir otak seperti sebuah program dalam pikiran, seperti komputer, jadi secara teoretis sebenarnya mungkin untuk menyalin otak ke komputer dan mendukung bentuk kehidupan setelah mati," kata Hawking seperti dikutip The Guardian, Sabtu (21/9/2013). Namun, menurut Hawking, keabadian seperti yang diungkapkan Hawking masih di luar kapasitas manusia saat ini. Selama ini, berdasarkan kepercayaan yang diyakini, banyak manusia memahami bahwa setelah mati, manusia akan menjadi abadi di alam yang berbeda, bertemu dengan Tuhan serta berada di surga atau neraka sesuai perbuatannya selama hidup. Namun, Hawking menuturkan, "Saya pikir kehidupan setelah mati secara konvensional adalah dongeng untuk orang-orang yang takut pada kegelapan." Keabadian seperti yang diungkapkan Hawking kerap disebut dengan keabadian digital. Dalam hal ini, manusia abadi tetap…