Skip to main content

Bulan Mungkin Terbentuk Lewat Peristiwa "Tabrak Lari"

Empat dekade lalu, sebuah teori pembentukan Bulan -satelit milik Bumi- muncul. Teori itu menyebut tabrakan dahsyat dialami Bumi sekitar 4,5 miliar tahun lalu dengan benda langit yang kira-kira sebesar Planet Mars.
Tumbukan itu menyebabkan menyebarnya puing-puing besar ke angkasa luar. Hingga akhirnya membentuk Bulan, satelit bagi planet kita yang menciptakan gelombang pasang-surut di laut.
Ketika teori tabrakan besar ini muncul pada 1970-an, ia sesuai dengan pandangan bagaimana sistem tata surya terbentuk. Dalam pandangan ini, protoplanet-protoplanet yang penuh gas dan berbatu, tumbuh dalam piringan di sekitar Matahari muda. Selama puluhan juta tahun, protoplanet ini bersaing untuk ruang di antariksa. Sehingga tumbukan tidaklah terelakkan.
Saat Bumi semakin besar, ia menyerap beberapa objek yang kira-kira sebesar Planet Merkurius atau Mars. Dan, masih menurut teori tabrakan besar, Bulan terjadi berkat mayoritas puing-puing dari planet penabrak --protoplanet berbatu mirip Bumi. Karena si penabrak ini memiliki inti besi yang akhirnya tenggelam ke inti Bumi. Bulan sendiri terdiri dari batu keseluruhan.
Meski demikian, teori ini ternyata tidak sepenuhnya diterima oleh para astronom. Erik Asphaug, peneliti planet dari Arizona State University, Amerika Serikat, miliki pandangan berbeda. Dijelaskannya terdapat bukti-bukti baru yang menampik teori tabrakan besar.
Sebagai contoh, analisa terbaru dari batu Bulan menunjukkan bahwa mantel Bulan dan Bumi tidaklah sama. Elemen macam oksigen, silikon, dan titanium berasal dari beberapa varietas atau isotop. Campuran dari para isotop ini sedemikian rupa sangat mirip sehingga Bulan nampak terbentuk sepenuhnya dari pecahan Bumi, bukan dari si planet penabrak.
Kemungkinan lain yang bisa jadi teori adalah "tabrak-lari". Di mana terjadi tabrakan besar, tapi si penabrak yang berkecepatan tinggi tetap melaju setelah menyebabkan bongkahan besar mantel Bumi ke luar angkasa. Bongkahan ini bisa jadi pembentuk utama Bulan.
Atau mungkin juga Bulan memang terbentuk dari si planet penabrak. Namun kemudian ia terselimuti dengan lapisan tipis dari material Bumi yang bertahan di orbit paling tidak satu abad pasca-tabrakan.
Tantangan berikutnya bagi teori tabrakan besar adalah bagaimana menjelaskan kenapa sisi lain dari Bulan lebih bergunung-gunung dan berkulit tipis. Asphaug berteori bahwa Bumi mempunyai Bulan kedua yang menempelkan dirinya di saudaranya yang lebih besar.
"Pintu sudah terbuka dan kini kita punya banyak sekali pemikiran. Mungkin akan ada lagi momen 'aha!' pada lima tahun mendatang," kata Asphaug. Tapi untuk sekarang, Bulan masih menyimpan misterinya.

Comments

Popular posts from this blog

Kata Mutiara Menggunakan Bahasa Arab Terbaru

Kata Mutiara Menggunakan Bahasa Arab Terbaru - Maukah kau datang ke periode kenabian, dan kehendak Allah saat itu datang. Kemudian, hapus Allah, jika dia ingin menghilangkan. Setelah itu, pada periode berikutnya Khilafah 'ala al-Nubuwwah Minhaaj; dan kehendak Allah saat itu datang. Kemudian, menghapusnya jika Tuhan ingin menghapus. Setelah itu, ia akan datang kepada Anda, raja masa depan menggigit (Raja dzalim), dan Allah akan waktu yang datang. Kemudian, hapus Allah, jika dia ingin menghilangkan. Setelah itu, maka akan di diktator raja masa depan (koersif); dan kehendak Allah saat itu datang; maka Allah akan menghapusnya jika Anda ingin menghapus. Kemudian datang masa kekhalifahan 'ala al-Nubuwwah Minhaaj (Khilafah yang berjalan di atas nabi). Setelah itu, itu diam. "[HR. Imam Ahmad] Kata Mutiara Menggunakan Bahasa Arab TerbaruHadis di atas diriwayatkan oleh Ahmad, 4/273, dishahihkan oleh Syaikh ash-al-Albani dalam Ash-Shahihah tidak. 5)Prinsip pergantian kali ini juga …

Kata Mutiara Berasal dari Alquran

Kata Mutiara Berasal dari AlquranPeriode kenabian berlangsung dalam beberapa tahun, maka Allah mengangkat. Setelah itu muncul periode nubuwwah Khilafah aala Minhaj (Khilafah menurut manhaj kenabian), untuk jangka waktu sampai Allah ta'ala mengangkat. Kemudian datang masa Mulkan aadhdhan (penguasa menggigit) selama periode tertentu. Periode berikutnya akan datang jabbriyyan Mulkan (penguasa yang memaksakan kehendak) dalam jangka waktu tertentu yang ditentukan oleh Allah Ta'ala. Setelah periode itu akan terulang kembali kekhalifahan 'ala Minhaj nubuwwah. Kemudian Nabi Muhammad diam "(Ahmad, Sahih) Kata Mutiara Motivasi dari Al Quran Formulir pemerintah dan fase menurut Nabi yang Kata Mutiara Berasal dari Alquran Dalam urutan, bentuk dan mengubah sistem pemerintahan yang akan terjadi: Reign dipimpin oleh Nabi Muhammad, yang disebut periode kenabian. Periode ini berakhir dengan kematiannya. Periode kekhalifahan manhaj berdasarkan Nubuwwah. Periode ini dimulai dengan…

Stephen Hawking: Manusia Bisa Hidup Abadi

Stephen Hawking mengatakan bahwa otak mampu berdiri sendiri di luar tubuh dan mendukung manusia untuk memperoleh keabadian.
"Saya pikir otak seperti sebuah program dalam pikiran, seperti komputer, jadi secara teoretis sebenarnya mungkin untuk menyalin otak ke komputer dan mendukung bentuk kehidupan setelah mati," kata Hawking seperti dikutip The Guardian, Sabtu (21/9/2013). Namun, menurut Hawking, keabadian seperti yang diungkapkan Hawking masih di luar kapasitas manusia saat ini. Selama ini, berdasarkan kepercayaan yang diyakini, banyak manusia memahami bahwa setelah mati, manusia akan menjadi abadi di alam yang berbeda, bertemu dengan Tuhan serta berada di surga atau neraka sesuai perbuatannya selama hidup. Namun, Hawking menuturkan, "Saya pikir kehidupan setelah mati secara konvensional adalah dongeng untuk orang-orang yang takut pada kegelapan." Keabadian seperti yang diungkapkan Hawking kerap disebut dengan keabadian digital. Dalam hal ini, manusia abadi tetap…