Skip to main content

Banyak Orang Indonesia Anggap Fisika Susah, Inilah Sebabnya

Walaupun telah diajarkan sejak jenjang sekolah dasar,fisika masih dianggap momok oleh siswa-siswi Indonesia. Tidak sedikit juga masyarakat yang menganggap bahwa fisika itu sulit dimengerti dan membosankan.
Menurut Hendra Kwee, PhD, Founder Yayasan Simetri yang membantu anak-anak berprestasi di Indonesia untuk berkompetisi di tingkat dunia, tantangan terbesar dalam mengajarkan sains adalah kompetensi guru yang rendah.

“Banyak dari mereka (guru) yang tidak punya latar belakang yang cocok untuk mengajar bidang sains. Bukan dari bidang sains tapi mengajar sains,” ucapnya dalam konferensi pers kemenangan Tim Olimpiade Fisika Indonesia di Asian Physics Olympiad ke-18 yang diadakan di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, Senin (15/5/2017).
Penguasaan sains yang lemah tersebut membuat cara penyampaian dan pengajaran guru di bidang sains menjadi tidak menarik.
Banyak guru di Indonesia yang melakukan pendekatan dari penghafalan rumus. Padahal, rumus di bidang fisika jumlahnya sangat banyak. Akibatnya, anak pun menjadi kesulitan untuk menyukai fisika.
“Pendekatannya seharusnya pemahaman,” ujar Hendra. Merujuk kepada peserta APhO ke-18 yang turut hadir di acara tersebut, dia berkata bahwa anak-anak tersebut tidak belajar untuk menghafal rumus, tetapi untuk memahami.

Selain itu, rendahnya kompetensi guru di Indonesia juga tidak dapat dipisahkan dari kurangnya talenta berbakat yang bersedia untuk menjadi tenaga pengajar.
Hendra menuturkan, di Indonesia sekarang ini, menjadi pengajar agak dipandang sebelah mata, dianggap sebagai karier miskin dan tidak menarik. Untuk itu, dia pun menyarankan untuk lebih mendorong anak-anak yang berpotensi untuk menjadi guru.
“Ya, ini paradigma yang perlu berubah di indonesia. Guru itu pekerjaan yang mulia dan kesejahteraannya perlu kita tingkatkan agar semakin banyak orang mau berkarier sebagai guru. Sebab, dengan guru yang berkualitas, kita bisa dapat siswa yang berkualitas,” katanya.

Comments

Popular posts from this blog

Kata Mutiara Menggunakan Bahasa Arab Terbaru

Kata Mutiara Menggunakan Bahasa Arab Terbaru - Maukah kau datang ke periode kenabian, dan kehendak Allah saat itu datang. Kemudian, hapus Allah, jika dia ingin menghilangkan. Setelah itu, pada periode berikutnya Khilafah 'ala al-Nubuwwah Minhaaj; dan kehendak Allah saat itu datang. Kemudian, menghapusnya jika Tuhan ingin menghapus. Setelah itu, ia akan datang kepada Anda, raja masa depan menggigit (Raja dzalim), dan Allah akan waktu yang datang. Kemudian, hapus Allah, jika dia ingin menghilangkan. Setelah itu, maka akan di diktator raja masa depan (koersif); dan kehendak Allah saat itu datang; maka Allah akan menghapusnya jika Anda ingin menghapus. Kemudian datang masa kekhalifahan 'ala al-Nubuwwah Minhaaj (Khilafah yang berjalan di atas nabi). Setelah itu, itu diam. "[HR. Imam Ahmad] Kata Mutiara Menggunakan Bahasa Arab TerbaruHadis di atas diriwayatkan oleh Ahmad, 4/273, dishahihkan oleh Syaikh ash-al-Albani dalam Ash-Shahihah tidak. 5)Prinsip pergantian kali ini juga …

Kata Mutiara Berasal dari Alquran

Kata Mutiara Berasal dari AlquranPeriode kenabian berlangsung dalam beberapa tahun, maka Allah mengangkat. Setelah itu muncul periode nubuwwah Khilafah aala Minhaj (Khilafah menurut manhaj kenabian), untuk jangka waktu sampai Allah ta'ala mengangkat. Kemudian datang masa Mulkan aadhdhan (penguasa menggigit) selama periode tertentu. Periode berikutnya akan datang jabbriyyan Mulkan (penguasa yang memaksakan kehendak) dalam jangka waktu tertentu yang ditentukan oleh Allah Ta'ala. Setelah periode itu akan terulang kembali kekhalifahan 'ala Minhaj nubuwwah. Kemudian Nabi Muhammad diam "(Ahmad, Sahih) Kata Mutiara Motivasi dari Al Quran Formulir pemerintah dan fase menurut Nabi yang Kata Mutiara Berasal dari Alquran Dalam urutan, bentuk dan mengubah sistem pemerintahan yang akan terjadi: Reign dipimpin oleh Nabi Muhammad, yang disebut periode kenabian. Periode ini berakhir dengan kematiannya. Periode kekhalifahan manhaj berdasarkan Nubuwwah. Periode ini dimulai dengan…

Stephen Hawking: Manusia Bisa Hidup Abadi

Stephen Hawking mengatakan bahwa otak mampu berdiri sendiri di luar tubuh dan mendukung manusia untuk memperoleh keabadian.
"Saya pikir otak seperti sebuah program dalam pikiran, seperti komputer, jadi secara teoretis sebenarnya mungkin untuk menyalin otak ke komputer dan mendukung bentuk kehidupan setelah mati," kata Hawking seperti dikutip The Guardian, Sabtu (21/9/2013). Namun, menurut Hawking, keabadian seperti yang diungkapkan Hawking masih di luar kapasitas manusia saat ini. Selama ini, berdasarkan kepercayaan yang diyakini, banyak manusia memahami bahwa setelah mati, manusia akan menjadi abadi di alam yang berbeda, bertemu dengan Tuhan serta berada di surga atau neraka sesuai perbuatannya selama hidup. Namun, Hawking menuturkan, "Saya pikir kehidupan setelah mati secara konvensional adalah dongeng untuk orang-orang yang takut pada kegelapan." Keabadian seperti yang diungkapkan Hawking kerap disebut dengan keabadian digital. Dalam hal ini, manusia abadi tetap…