Skip to main content

2060, Manusia Akan Jadi "Tuhan" yang Kalah oleh Ciptaannya Sendiri

Kemampuan manusia terus berkembang. Manusia kini bisa menciptakan robot cerdas, mengedit gen, membuat sperma, sel telur, dan rahim buatan.
Perkembangan kemampuan membuat sejumlah ilmuwan menyebut manusia kini kian mendekati kemampuan Tuhan yang maha kuasa.
Namun ilmuwan dari Universitas Oxford dan Yale dalam International Conference on Machine Learning serta Conference on Neural Information Processing System, mengatakan, nasib manusia akan berubah.
Dalam dua konferensi besar itu, ilmuwan Oxford dan Yale menyampaikan hasil survei untuk melihat pendapat 350 peneliti kecerdasan buatan tentang dampak kecerdasan buatan itu sendiri.
Survei mengungkap, manusia kini memang masih bisa mengalahkan robot tetapi dalam 45 tahun, manusia akan seperti "Tuhan" yang kalah oleh ciptaannya sendiri.
Tahun 2024, manusia akan kalah dalam menerjemahkan bahasa. Tahun 2026, manusia akan kalah dalam menulis esai tingkat SMA. Tahun 2027, manusia akan kalah dalam mengemudikan truk.
Lantas, tahun 2031, manusia akan kalah cekatan saat bekerja di toko. Tahun 2049, manusia akan kalah dalam menulis buku laris. Tahun 2053, manusia akan kalah dalam melakukan operasi medis.
Lebih buruk, ilmuwan memprediksi bahwa dalam 120 tahun ke depan, hampir semua pekerjaan manusia akan direbut oleh kecerdasan buatan.

Katja Grace, peneliti di Machine Intelligence Research Institute di Berkeley, California, mengatakan, " kecerdasan buatan punya konsekuensi sosial luas."
Salah satunya adalah, bagaimana guru masa depan membedakan esai buatan manusia dengan buatan mesin sehingga mampu menilai kemampuan murid dengan tepat?
Kecerdasan buatan memang berdampak besar. Saat ini, misalnya,kecerdasan buatan sudah menyaingi manusia dalam menganalisis data.
"Ada semakin banyak bukti bahwa kecerdasan buatan bisa mengalahkan manusia dalam tugas spesifik dan kompleks," kata Eleni Vasilaki dari University of Sussex seperti dikutip New Scientist, 31 Mei 2017.
Namun, apakah manusia akan benar-benar kalah? Tidak juga. Robot yang versatile seperti manusia kemungkinan besar tak akan hadir segera.
Giorgio Yannakaki dari University of Malta yang tak terlibat riset mengungkapkan, manusia mungkin tetap akan berkuasa dalam kemampuan yang melampaui kognisi.
"Sangat menarik untuk bertanya, kapan kecerdasan buatan melampaui manusia dalam mengkritik seni atau film," katanya.
Meski demikian, perkembangan kecerdasan memang perlu diantisipasi, apalagi di negeri seperti Indonesia di mana banyak pekerjaan berpotensi digantikan robot.

Comments

Popular posts from this blog

Kata Mutiara Menggunakan Bahasa Arab Terbaru

Kata Mutiara Menggunakan Bahasa Arab Terbaru - Maukah kau datang ke periode kenabian, dan kehendak Allah saat itu datang. Kemudian, hapus Allah, jika dia ingin menghilangkan. Setelah itu, pada periode berikutnya Khilafah 'ala al-Nubuwwah Minhaaj; dan kehendak Allah saat itu datang. Kemudian, menghapusnya jika Tuhan ingin menghapus. Setelah itu, ia akan datang kepada Anda, raja masa depan menggigit (Raja dzalim), dan Allah akan waktu yang datang. Kemudian, hapus Allah, jika dia ingin menghilangkan. Setelah itu, maka akan di diktator raja masa depan (koersif); dan kehendak Allah saat itu datang; maka Allah akan menghapusnya jika Anda ingin menghapus. Kemudian datang masa kekhalifahan 'ala al-Nubuwwah Minhaaj (Khilafah yang berjalan di atas nabi). Setelah itu, itu diam. "[HR. Imam Ahmad] Kata Mutiara Menggunakan Bahasa Arab TerbaruHadis di atas diriwayatkan oleh Ahmad, 4/273, dishahihkan oleh Syaikh ash-al-Albani dalam Ash-Shahihah tidak. 5)Prinsip pergantian kali ini juga …

Kata Mutiara Berasal dari Alquran

Kata Mutiara Berasal dari AlquranPeriode kenabian berlangsung dalam beberapa tahun, maka Allah mengangkat. Setelah itu muncul periode nubuwwah Khilafah aala Minhaj (Khilafah menurut manhaj kenabian), untuk jangka waktu sampai Allah ta'ala mengangkat. Kemudian datang masa Mulkan aadhdhan (penguasa menggigit) selama periode tertentu. Periode berikutnya akan datang jabbriyyan Mulkan (penguasa yang memaksakan kehendak) dalam jangka waktu tertentu yang ditentukan oleh Allah Ta'ala. Setelah periode itu akan terulang kembali kekhalifahan 'ala Minhaj nubuwwah. Kemudian Nabi Muhammad diam "(Ahmad, Sahih) Kata Mutiara Motivasi dari Al Quran Formulir pemerintah dan fase menurut Nabi yang Kata Mutiara Berasal dari Alquran Dalam urutan, bentuk dan mengubah sistem pemerintahan yang akan terjadi: Reign dipimpin oleh Nabi Muhammad, yang disebut periode kenabian. Periode ini berakhir dengan kematiannya. Periode kekhalifahan manhaj berdasarkan Nubuwwah. Periode ini dimulai dengan…

Stephen Hawking: Manusia Bisa Hidup Abadi

Stephen Hawking mengatakan bahwa otak mampu berdiri sendiri di luar tubuh dan mendukung manusia untuk memperoleh keabadian.
"Saya pikir otak seperti sebuah program dalam pikiran, seperti komputer, jadi secara teoretis sebenarnya mungkin untuk menyalin otak ke komputer dan mendukung bentuk kehidupan setelah mati," kata Hawking seperti dikutip The Guardian, Sabtu (21/9/2013). Namun, menurut Hawking, keabadian seperti yang diungkapkan Hawking masih di luar kapasitas manusia saat ini. Selama ini, berdasarkan kepercayaan yang diyakini, banyak manusia memahami bahwa setelah mati, manusia akan menjadi abadi di alam yang berbeda, bertemu dengan Tuhan serta berada di surga atau neraka sesuai perbuatannya selama hidup. Namun, Hawking menuturkan, "Saya pikir kehidupan setelah mati secara konvensional adalah dongeng untuk orang-orang yang takut pada kegelapan." Keabadian seperti yang diungkapkan Hawking kerap disebut dengan keabadian digital. Dalam hal ini, manusia abadi tetap…